Ternyata Power Supply Hp Ada Bermacam-Macam Bentuknya

Power supply Hp memang digunakan oleh para teknisi sebagai alat untuk menganalisa kerusakan Hp. Tapi anda juga perlu tahu bahwa alat ini terdiri dari bermacam-macam jenisnya. Jenis-jenis alat power supply ini, antara lain:

1. Power Supply AC To DC

Jenis alat ini adalah jenis power supply AC to DC. Maksud jenis dari alat power supply Hp ini adalah mengubah sumberĀ  tegangan listrik dari AC menjadi DC. Tenaga ini memang sangat dibutuhkan oleh rangkaian elektronik. Power supply jenis ini biasanya memiliki Transformator. Alat ini biasanya dapat menurunkan besaran tegangan. Selain itu, kapasitor berfungsi sebagai penyaring dan Dioda bertugas sebagai penyearah.

2. Jenis Power Supply Linear

Power supply jenis ini berguna untuk menggantikan tegangan DC yang dinamis atau berfluktuasi menjadi stabil dan konstan. Untuk mengubah tegangan ini, anda hanya perlu menurunkan input voltase dari tegangan DC.

3. Power Supply AC

Power supply Hp jenis berikutnya adalah jenis AC. Alat ini mengubah tegangan AC menjadi tegangan lainnya. Misalnya saja menurunkan tegangan power supply pada voltase dari 220 Volt menuju 110 Volt. Tapi, anda juga bisa mengubah tegangan secara sebaliknya dari tinggi ke rendah.

4. Power Supply Dengan Model Switch-Mode

Setelah mengenal jenis AC, ada juga power supply Hp dengan jenis switch-mode. Orang-orang bisanya menyebutnya dengan SPMS atau Switch-Mode Power Supply.  Fungsi dari power supply jenis ini adalah menyearahkan atau rectify. Selain itu, alat ini juga dapat menyaring atau memfilter Input AC untuk memperoleh tegangan DC.

Pada fungsi switch-mode ini, tegangan DC tersebut dapat di-switch OFF dan ON dengan kondisi frekuensi tinggi. Pada kondisi ini, alat ini dapat menghasilkan siklus AC dengan transformator berfrekuensi tinggi.

5. Power Supply Jenis Ramah Program

Biasanya power supply Hp ini disebut juga dengan power supply programmable. Maksud dari programmable di sini adalah bentuk sistem pengendaliannya. Alat ini dapat dikendalikan dengan sistem remote control atau interface. Sistem antarmuka ini dirancang dengan sistem input digital dan analog, misalnya  GPIB dan RS232.

6. Power Supply Jenis UPS

Alat ini bisa juga disebut dengan Uninterruptible Power Supply (UPS). Kelebihan dari UPS ini adalah memiliki sumber listrik sebanyak 2 jenis alur. Alur listrik yang pertama berasal dari baterai dan alur listrik lain di`keluarkan oleh tegangan input AC.

Apabila keadaan listrik dalam keadaan normal, tegangan input akan memberikan arus listrik untuk peralatan listrik atau beban. Selain itu, dalam keadaan seperti ini, arus listrik secara otomatis mengisi baterai. Namun apabila keadaan listrik tidak normal, maka sistem diambil alih oleh baterai. Ini dilakukan sebagai cara memberikan sumber tegangan untuk peralatan listrik.

7. Power Supply Hp Dengan Tegangan Tinggi

Lain dari jenis power supply Hp yang lainnya, alat ini memiliki tegangan yang dapat dihasilkan dengan voltase yang tinggi mulai dari ratusan hingga ribuan volt. Power supply ini biasanya digunakan pada hape khusus merk tertentu.

Nah, dari jenis-jenis power supply Hp di atas, anda bisa menyimpulkan bahwa power supply ini memiliki jenis dan porsinya masing-masing. Selain berbeda tegangan, alat-alat ini juga memiliki fasilitas dan risiko yang berbeda pula. Semua jenis alat ini memang dirancang berdasarkan kebutuhannya masing-masing individu.

Demikian jenis-jenis  power supply Hp yang perlu anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin membuka jasa teknisi Hp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *