Membuat Power Supply Hp Sendiri Secara Sederhana

Jika anda bingung mencari power supply Hp yang mahal, anda bisa membuatnya sendiri di rumah asal anda memiliki alat-alatnya sendiri. Nah, untuk lebih tahu tentang banyak bagaimana cara membuat alat ini sederhana. Mari, disimak langkah-langkah berikut ini.

  1. Jika Anda Memiliki Bekas Charger Laptop Yang Sudah Dipakai

Jangan buang bekas charger laptop anda. Charger bekas ini ternyata masih bisa digunakan. Perlu anda ketahui, laptop memiliki charger dengan tegangan sebesar 19 Volt. Selain itu, alat ini juga memiliki arus sebesar 3,4 Ampere. Hal ini membuktikan bahwa muatan ini dapat menghidupkan benda elektronik. Oleh karena itu, charger bekas ini juga diperlukan oleh teknisi.

  • Ada Dua Kabel Masing-Masing Berwarna Hitam Dan Merah

Pada tahap berikutnya, untuk menghubungkan rangkaian output charger bekas, gunakan dua buah kabel ini. Cara ini tidak perlu ribet dengan cara memotong kepala charger. jadi, charger masih bisa berfungsi untuk mengisi laptop.

Dua kabel yang berwarna merah dan hitam ini menandakan muatan kutub kabel positif dan negatif. Namun, anda tak perlu khawatir jika tidak memiliki kabel warna merah dan hitam. Warna ini bukanlah patokan. Apabila anda tidak memiliki dua warna ini, anda bisa menggunakan atau membeli kabel dengan warna yang lain. Namun, pastikan kecocokan warna pada jaringan.

  • Gunakan Metode Sesuai Modul Dari Stepdown DC To DC

Stepdown LM2596 merupakan jenis modul yang memang dianjurkan untuk rangkaian tahap selanjutnya. Selain itu, Voltmeter merupakan alat pendukung yang digunakan untuk menunjukan tegangan yang keluar. Agar tegangan dapat diatur dengan mudah, anda bisa putar trimport potensio LM 2596. Jadi, tegangan yang berukuran 19 Volt dapat diatur hingga 18 Volt atau 1,5 Volt.

Alat ini juga didukung voltmeter yang bisa menunjukan ukuran tegangan dari 4 hingga 40 Volt. Sedangkan tegangan outputnya bisa diatur dari 1,25 hingga 37 Volt. Jadi, kita bisa mengatur arus hingga tiga ampere.

  • Tahap Keempat Adalah Menyambungkan Kepala Charger Atau Jack

Pada tahap keempat, pastikan lempengan yang anda gunakan terdiri dari lempengan dalam dan luar. Pada lempengan dalam digambarkan dengan jalur positif. Rangkaian di wilayah ini bisa dihubungkan dengan kabel merah. Lain halnya dengan lempengan luar yang digambarkan dengan jalur negatif. Pada rangkaian ini dihubungkan dengan kabel hitam.

Namun, anda juga harus memahami bahwa charger ini tidak bisa digunakan lagi untuk laptopnya.

  • Tahap Kelima Selanjutnya, Dua Buah Kepala Charger (Kepala Capit Buaya)

Kepala charger capit buaya ini digunakan sebagai kabel tenaga luar atau output. Hal ini bisa dihubungkan melalui modul LM2596 . Rangkaian ini menjadi rangkaian output yang dihubungkan dengan power supply. Hal ini nantinya dapat difungsikan sebagai pembangkit alat elektronik. Selain itu, alat rangkaian ini juga bisa menghidupkan alat listrik yang sudah padam asal masalahnya tidak fatal.

  • Tahap Keenam Adalah Finishing Perakitan

Dalam hal finishing ini, anda bisa merakit semua alat dan komponen pada modul jenis LM2596. Setelah finishing sudah dilakukan, tahap yang paling terakhir adalah merakit semua komponen. Semua rakitan ini akan dihubungkan pada modul LM2596.

Dari tahap-tahapan di atas, anda bisa membuat power supply Hp sendiri di rumah asalkan anda memahamii betul rakitan dan fungsi alat-alatnya.

Nah, dengan cara ini anda tak perlu membeli mahal-mahal, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *