Bagian-bagian Solder Uap yang Wajib kamu Ketahui

Solder uap atau juga disebut dengan nama blower merupakan salah satu peralatan service ponsel yang sering digunakan di tempat service. Kerusakan atau masalah yang terjadi pada ponsel harus segera mendapatkan penanganan agar kerusakan tidak semakin parah. Itulah mengapa kamu harus memperbaikinya sesuai dengan penyebab kerusakan.

Sebelum itu, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa peralatan yang dibutuhkan sudah lengkap. Jadi, nantinya saat kamu membutuhkan alat untuk memperbaikinya, peralatan tersebut sudah tersedia dan kamu tinggal menggunakannya. Itulah mengapa kamu juga harus memiliki blower sebagai salah satu peralatan penting dalam service ponsel.

Bukan hanya memilikinya, tapi kamu juga harus mengerti bagaimana cara penggunaan blower dengan baik dan benar. Untuk itu, kamu harus memahami bagian-bagian blower agar nantinya tidak salah dalam menggunakannya dan berikut akan kami ulas mengenai beberapa bagian yang terdapat pada blower HP.

Bagian Tombol On/ Off

Dengan mengetahui namanya saja, kamu pasti sudah tahu fungsi dari tombol on/ off pada solder uap ini. Tombol ini bisa dibilang awal dan akhir penggunaan blower. Tombol yang berfungsi sebagai pengaturan kerja alat ini memiliki dua tombol dengan fungsi yang berlawanan, yaitu on dan off.

Apabila kamu ingin menggunakan alat ini, pastikan kamu menekan tombol tersebut menjadi on dan mesin akan menyala. Setelah alat tersebut selesai digunakan, kamu bisa mematikan mesin dengan menekan tombol menjadi off. Pastikan kamu tidak salah dalam menekan tombol agar alat ini bisa digunakan dengan baik.

Pengatur Panas pada Blower

Bagian lain yang tidak kalah penting dalam penggunaan solder uap adalah bagian pengatur panas. Sesuai namanya, bagian ini berfungsi untuk mengatur uap panas yang dikeluarkan oleh blower. Berbeda dengan jenis solder lainnya, blower merupakan solder yang mampu mengeluarkan uap sehingga disebut blower.

Dalam mengeluarkan uap, blower harus diatur sedemikian rupa agar uap yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan saat memperbaiki mesin pada ponsel. Dengan bagian ini, kamu bisa mengatur seberapa panas uap yang dikeluarkan, apakah cukup dengan hangat atau membutuhkan suhu yang lebih panas lagi.

Bagian Pengatur Udara

Selain itu, masih ada bagian pengatur udara yang tidak kalah penting dari bagian https://cody.id/produk/blower/blower-cody-858-digital/ lainnya. Dengan bagian ini, kamu bisa mengatur angin yang membawa hawa panas sesuai dengan kebutuhan saat service ponsel. Pengatur udara ini memiliki fungsi yang sejalan dengan pengatur panas.

Terkadang, dibutuhkan angin yang lebih kencang atau lebih pelan saat service ponsel sehingga kamu bisa mengaturnya dengan pengatur udara ini. Jika pengatur panas mengatur suhu dari uap yang dikeluarkan, maka pengatur udara ini mampu mengatur tekanan angin yang dikeluarkan.

Bagian Mata Solder

Terakhir ada bagian mata solder yang memiliki fungsi sebagai penghantar udara panas. Mata solder berapa di ujung blower sehingga berfungsi untuk menghantarkan udara panas yang dikeluarkan oleh mesin sehingga dapat digunakan dalam service ponsel. Dengan mata solder inilah, kita dapat memanfaatkan fungsinya.

Mata solder memiliki ukuran yang beraneka macam, mulai dari 5mm, 7mm, 9mm, dan seterusnya. kamu dapat menyesuaikan ukuran mata solder sesuai dengan seberapa uap panas yang dibutuhkan dalam proses service ini. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui fungsi dari setiap ukuran mata solder. Bagi kamu yang ingin memperbaiki ponsel sendiri, maka harus memiliki peralatan yang lengkap agar proses service berjalan lancar. Sebelum kamu menggunakan blower untuk service ponsel, pastikan kamu mengetahui setiap bagian blower. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan solder uap dengan benar dan tepat saat service ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *